Jawaban:
Penelitian ini bertujuan mengkaji peran guru IPS dalam pembentukan karakter peserta
didik serta faktor yang mempengaruhi peran guru dalam pembentukan karakter peserta
didik. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil
penelitian menyatakan peran guru IPS sebagai pendidik diwujudkan dengan
mengarahkan bakat dan kemampuan peserta didik, bertanggung jawab dan mewujudkan
kewibawaan. Guru IPS sebagai pengajar diwujudkan dengan merencanakan serta
melaksanakan pembelajaran. Guru IPS sebagai teladan diwujudkan dalam keteladanan
penampilan, pergaulan, dan kepedulian terhadap lingkungan. Guru IPS sebagai pelatih
diwujudkan dengan membangun kesadaran peserta didik, melakukan karakter yang
diajarkan bersama guru dan peserta didik.
Penjelasan:
Kesimpulan dihasilkan berdasarkan temuan dan pembahasan hasil penelitian yang telah
dipaparkan sebagai berikut. Peran guru IPS sebagai pendidik diwujudkan dengan
merencanakan pembelajaran, mengarahkan bakat dan kemampuan peserta didik,
bertanggung jawab dan mewujudkan kewibawaan. Guru IPS sebagai pengajar
diwujudkan dengan merencanakan pembelajaran serta melaksanakan perencanaan
pembelajaran tersebut. Guru IPS sebagai teladan diwujudkan dalam keteladanan
penampilan, bertutur kata, pergaulan, dan kepedulian terhadap lingkungan. Guru IPS
sebagai pelatih diwujudkan dengan membangun kesadaran peserta didik,
mencohtohkan, dan melakukan karakter yang diajarkan bersama guru dan peserta didik.
Faktor yang mendukung peran guru IPS dalam pembentukan karakter peserta didik
adalah pemahaman guru terhadap tugas dan fungsinya, memahami visi dan misi
sekolah, kesungguhan dalam menjalankan pekerjaan sebagai guru, memiliki empat
kompetensi dasar seorang guru, kerja sama dengan seluruh pihak sekolah, serta
dukungan dari orang tua peserta didik, sedangkan faktor penghambat peran guru dalam
pembentukan karakter peserta didik adalah terjadi miskomunikasi dengan pihak sekolah
dan yayasan terkait ketegasan guru dalam membentuk karakter siswa, selain itu orang
WXD SHVHUWD GLGLN WLGDN PHQGXNXQJ L¶WLNDd baik yang dilakukan oleh guru
disekolah dalam membentuk karakter baik dalam diri peserta didiknya.
[answer.2.content]